7 Langkah Penting Agar Sukses Saat Magang

Career / 12 May 2015

Kalangan Sendiri

7 Langkah Penting Agar Sukses Saat Magang

Puji Astuti Official Writer
10775

Seorang mahasiswa yang mendekati semester akhir di Indonesia ini biasanya diwajibkan untuk magang atau praktek kerja lapangan. Hal ini membuat para mahasiswa harus bekerja di sebuah perusahaan dan belajar serta menyerap kondisi nyata dunia kerja sebelum ia nanti lulus dari kuliahnya. Untuk itu jangan anggap enteng proses magang ini, karena siapa tahu hal ini membawa Anda selangkah lebih dekat kepada pekerjaan impian Anda. Jika Anda ingin sukses dalam proses magang ini dan mendapatkan rekomendasi positif dari perusahaan berikut adalah beberapa tips yang akan membantu Anda :

1# Buat impresi positif saat interview dan perkenalan

Walau hanya magang, namun beberapa perusahaan ada yang tetap menjalankan proses interview sebelum memastikan bisa tidaknya seorang mahasiswa untuk magang di perusahaan itu. Untuk itu sangat penting untuk Anda tetap tenang dan memberikan impresi positif saat interview. Lalu saat Anda sudah diterima dan diperkenalkan dengan rekan-rekan kerja Anda, pastikan Anda memancarkan kepercayaan diri namun tetap rendah hati. Buatlah kontak mata saat memperkenalkan diri, jabat tangan yang tegas dan jangan lupa tersenyum.

2# Antisipasi persepsi lingkungan kerja terhadap usia Anda

Bisa jadi Anda adalah karyawan yang paling muda di perusahaan itu, untuk itu antisipasi adanya anggapan bahwa karena Anda masih muda sehingga tidak mampu dan dipandang sebelah mata. Jangan biarkan hal itu membuat Anda merasa tidak nyaman, namun buktikan bahwa Anda memiliki potensi dan siap bekerja keras untuk berkontribusi bagi perusahaan tersebut.

3# Temukan mentor secepat mungkin

Carilah mentor, baik itu rekan kerja, manager, atau atasan langsung Anda disana. Lihatlah sekeliling Anda, temukan orang-orang yang memiliki nilai-nlai yang sama yang Anda kagumi. Tidak pernah terlalu dini untuk membangun dewan penasihat Anda sendiri, mereka bahkan mungkin akan menjadi orang-orang yang akan menyemangati dan mendorong Anda untuk maju. Mereka akan menolong Anda untuk melewati kesulitan dan mengatasi masalah yang Anda hadapi saat bekerja.

4# Carilah cara untuk terus bertumbuh

Jadilah kreatif, mintalah petunjuk dari rekan kerja Anda, belajarlah sesuatu yang baru, bahkan mungkin sesuatu yang diluar bidang studi yang sudah Anda pelajari. Mintalah masukan atas hasil kerja Anda. Bangunlah hubungan positif dengan orang-orang baru yang Anda temui, dapatkan inspirasi dari hidup mereka.

5# Milikilah etika kerja yang kuat

Fokuslah bekerja, investasikan perhatian dan pikiran Anda untuk menyelesaikan apa yang menjadi tanggung jawab Anda. Hanya karena Anda magang bukan berarti apa yang Anda kerjakan sesuatu yang remeh, sebaliknya hal tersebut akan menentukan penilaian terhadap diri Anda yang bisa menjadi pertimbangan apakah setelah lulus nanti jika Anda ingin bekerja di perusahaan itu, Anda bisa dipekerjakan atau tidak.

6# Jangan takut membuat kesalahan dan meminta bantuan

Tentunya Anda pasti ingin membuat rekan kerja dan atasan Anda terkesan, namun bukan berarti bahwa Anda bisa sempurna. Saat dalam proses bekerja Anda membuat kesalahan, jangan takut untuk mengakuinya dan meminta bantuan, bimbingan dan masukan. Itulah tujuan Anda dalam magang ini, untuk belajar. Jadi, rengkuhlah kesalahan Anda dengan tangan terbuka, jangan malu, namun belajarlah dari kesalahan itu.

7# Buatlah jurnal karir

Ini bukan sejenis "Dear diary" jurnal, namun sebuah buku dimana Anda mendokumentasikan hal yang Anda pelajari setiap harinya di pekerjaan Anda. Pelajaran itu mungkin saat Anda sedang berbincang santai dengan rekan kerja, atau saat menerima masukan dari atasan atau sebuah ide yang muncul saat Anda mengerjakan projek. Tulisalah itu dan jadikan dokumen itu menjadi sebuah batu loncatan untuk menjadi lebih baik lagi.


Sumber : CNBC | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami